Kamis, 01 Mei 2008

Pake Tu Mata

Pake Tu Mata 1

Ini adalah kata cercaan yang digunakan untuk orang yang sembrono atau kurang cermat melihat. Oke, saya termasuk yang tak setuju dengan makian yang kasar dan tak merestuinya, apapun alasannya. Namun, setidaknya makian di atas mengundang introspeksi. Kita memang sering kurang cermat melihat. Dalam konteks lebih luas, kita kurang memanfaatkan seluruh potensi mata kita. Saya percaya mata memiliki kemampuan dahsyat, namun kini hanya sekian persen yang berfungsi. Mata kita mengalami penurunan potensi karena dimanja teknologi.
Mata yang mulai minus atau plus, sebetulnya jangan buru-buru dikoreksi dengan kaca mata, ada latihan-latihan yang mampu memulihkannya. Kasus lain, kemampuan suku Indian melihat objek yang jauh, sehingga dijuluki mata elang. Teropong memang membantu tapi bisa pula memanjakan mata. Masih banayak contoh lainnya.
Tulisan ini tak mengajak kita untuk anti teknologi dan balik ke masa purba. Tidak. Teknologi itu berkat, tapi mata juga berkat dari Tuhan yang sama. Tulisan ini mau mengajak kita mengeksplorasi kemampuan mata kita sepenuhnya.

Tidak ada komentar: